Sunday, November 30, 2014
A. Pengertian Sistem Kemudi
Fungsi Sistem kemudi adalah untuk mengatur arah kendaraan dengan cara
membelokkan roda depan. Bila roda kemudi diputar, kolom kemudi akan meneruskan
tenaga putarnya ke gigi kemudi yang memperbesar tenaga putar sehingga
dihasilkan momen yang besar untuk menggerakkan roda depan melalaui steering linkage.
Ada
dua tipe system kemudi :
1.
Manual
Steering
Adalah system kemudi
yang langsung menggerakkan kemudi dari tenaga oleh pengemudi itu sendiri.
2.
Power Steering
Adalah system kemudi
dimana untuk mengggerakkan kemudi, selain dari tenaga manusia, juga dilakukan
oleh mekanisme yang bekerja memanfaatkan tenaga hidrolik.
B. Komponen Sistem Kemudi
1.
Steering Wheel
Berfungsi sebagai pemindah tenaga putar
dari pengemudi ke sistem kemudi.
Macam Steering
Wheel
a. Diameter
Besar
Momen yang dihasilkan besar dan lebih stabil.
Tapi lebih
memerlukan tampat yang agak luas.
b. Diameter
Kecil
Peka terhadap
gerakan dan getaran yang diberikan jalan ke kemudi, tenaga yang digunakan untuk
memutar kemudi besar.
2.
Steering Main
Shaft)
Macam dari Steering Main Shaft) ada dua, yaitu:
1. Collabsible
type
a. Mesh
Type
Pada type ini, column mempunyai mata jaring, main
shaftnya terdiri dari bagian atas dan bawah yang disambung dengan platic pin.
Pada Column braketnya dipasang capsule. Jikakendaraan bertabrakan, steering
gear box mendapat tekanan yang kuat, maka main shaft dan columnnya akan runtuh.
b. Ball
Type
Pada type ini, Columnnya terdiri dari dua bagian
atas dan bawah yang disambung dengan ball bearing. Main shaftnya terdiri dari 2
bagian yang disambung dengan plastik pin. Jika mobil tabrakan, steering gear
box mendapat tekanan yang kuat, maka mian shaft dan columnnya akan menyusut,
tenaga benturan tersebut akan diserap oleh ball bearing.
c. Solid
silicon rubber sealed type
Pada type ini, Main shaftnya terdiri dari 2 bagian yang
disambung dengan plastik pin Didalam
main shaft bagian bawah di isikan silicon rubber dan braketnya dipasangkan
caster wedge. Jika mobil tabrakan, steering gear box mendapat tekanan yang kuat, maka
braketnya akan runtuh dan main shaftnya menyusut, dengan menyusutnya main shaft ini maka silicon rubber akan menjadi
tepung dan tersembur keluar melalui orifice
pada steering main yoke. Pada saat inilah silicon rubber menyerap tenaga benturan, sehingga
tenaga benturan ke pengemudi berkurang.
2. Noncollapsible
type
Pada type ini main shaftnya terbuat dari besi yang
langsung berhubungan dengan steering gear box. Dari sisi keamanan memang kurang baik, namun
dari segi keuntungan, kemudi tipe ini lebih simple dan ringan perawatan, serta
lebih murah.
Cara penyambungan steering main shaft dengan
gear box ada empat jenis, yaitu:
a.
one piece (langsung)
b.
universal joint & spline
c.
universal joint
d.
flexible joint
3. Steering Gear Box
Steering gear berfungsi untuk
mengganti arah pergerakan kemudi 90 derajat & memperbesar momen yang
dibutuhkan roda kemudi untuk menggerakkan roda – roda penggerak.
Steering
Gear Ratio
Dapat
dihitung dengan membagi jumlah putaran roda kemudi dengan jumlah putaran sector shaft
Macam
Steering Gear Box
1. Worm
and Sector
Pada model ini, worm dan sector berkaitan
langsung
2. Screw
Pin
Pin yang berbentuk tirus bergerak sepanjang
worm gear.
3. Screw
Nut
Pada bagian bawah
main shaft terdapat ulir dan sebuah nut terpasang.
4. Recirculating
Ball
Pada model ini,
peluru diisikan pada lubang nut untuk membentuk hubungan yang mengelinding
antara nut dan worm gear.
5. Rack
and Pinion
Jenis ini, gerak putar
pinion dirubah langsung menjadi gerak mendatar oleh rack menuju ke roda
penggerak.
Memiliki konstruksi
sederhana, sudut belok tajam dan ringan, tetapi goncangan yang diterima oleh permukaan
jalan mudah diteruskan ke roda kemudi.
4. Steering Linkage
Berfungsi untuk memindahkan tenaga
dari gear box ke roda – roda depan.
Sekian postingan saya mengenai sistem kemudi, lihat postingan lain tentang Fungsi Komponen Sistem AC.
“Luruskan Niat, Yang Menyampaikan Beruntung, Yang membaca Juga Beruntung, Tapi Yang Paling Beruntung adalah Yang Mengamalkan”
Wallohu’alam bissawab